Manfaat Madu

Manfaat Madu << “Honey Bunny Sweety. Let’s take a chance Only take me home tonight You’ll never regret it …” Begitulah bunyi sebuah lirik lagu milik salah satu Girl Band di Indonesia. “Honey” yang ada pada lirik diatas berarti “sayang”. Namun “honey” yang akan Kami bahas pada artikel kali ini adalah honey yang berarti madu. Siapa sih yang tak suka madu?! Pastinya kebanyakan orang menyukai salah satu minuman yang dihasilkan oleh lebah ini. Laki – laki maupun perempuan, anak – anak maupun dewasa, pasti menyukainya. Konsumsi madu memang sangat dianjurkan, sebab didalamnya terkandung beragam nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh manusia. Beberapa nutrisi yang terkandung pada madu yaitu 31,3% Glukosa, 38,2% Fruktosa, 7,1% Maltosa, 1,3% Sukrosa, 1,5% Gula, 17,2% Air, 0,2% Abu (analisis kimia). Disamping itu didalam madu juga terkandung vitamin C, pinocembrin, katalase, pinobanksin, dan chrysin.

manfaat maduManfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh

Sudah sejak dahulu, madu telah dimanfaatkan manusia untuk proses pengobatan beragam jenis penyakit. Namun baru beberapa waktu ini, antiseptik dan antibakteri yang ada dalam madu bisa dijelaskan secara kimiawi. Berikut ini akan Kami uraikan beberapa kandungan dan manfaat madu bagi kesehatan.

Beragam Kandungan dan Manfaat Madu

1. Mampu menurunkan tingginya kadar gula darah

Adanya vitamin dan mineral yang terkandung dalam madu diyakini mampu menurunkan kadar gula darah bagi yang mempunyai kadar gula tinggi.

2. Mampu mencegah kanker dan penyakit jantung

Madu mengandung senyawa flavonoid dan antioksidan yang berguna untuk mengurangi risiko terkena kanker dan penyakit jantung.

3. Mampu menjaga kesehatan kulit

Madu mengandung asam glukonat dan asam organik ringan lainnya yang berguna untuk meningkatkan elastisitas kulit, meregenerasi sel kulit dan mengurangi keriput. Selain itu madu juga bisa untuk pengobatan jerawat dan menghilangkan bekas jerawat. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika kini manfaat madu banyak dipakai sebagai bahan pembuatan masker dan digunakan untuk luluran.

4. Mampu melancarkan sistem pencernaan

Bagi Anda yang sering mengalami susah buang air besar, Anda bisa konsumsi madu sebagai solusinya. Selain itu, madu juga mampu mengatasi masalah diare.

5. Untuk pengobatan luka bakar

Madu mengandung osmolaritas, glukosa dan enzim oksidase glukosa yang berfungsi untuk merangsang dan mempercepat pertumbuhan jaringan baru. Dengan adanya kandungan inilah yang membuat madu sering digunakan sebagai obat luka bakar.

6. Mampu meningkatkan stamina

Manfaat madu selanjutnya mampu meningkatkan stamina. Kini banyak beredar minuman penambah stamina yang menyertakan madu sebagai komposisinya. Tidaklah mengherankan memang, sebab dalam madu terdapat zat yang bisa mempertahankan tingkat glikogen dalam tubuh yang bisa meningkatkan stamina.

7. Mampu memutihkan gigi

Madu bisa membantu memutihkan gigi. Caranya yaitu tambahkan sedikit madu pada sikat gigi setiap kali Anda akan menggosok gigi. Kemudian tambahkan pula pasta gigi seperti biasanya. Lakukan secara rutin dan gigi Anda pun akan terlihat lebih putih.

8. Mampu menyuburkan rambut

Banyak shampoo yang menggunakan madu sebagai bahan pembuatannya karena memang madu bisa membantu memnyuburkan rambut.

9. Mampu mengatasi infeksi pernafasan

Manfaat madu berikutnya mampu mengatasi infeksi pernafasan. Beberapa hasil studi menunjukan bahwa madu sangat berkhasiat dalam mengatasi infeksi pernafasan seperti alergi, sinusitis, dan bronkitis.

10. Mampu meningkatkan kesuburan

Bila dikonsumsi secara rutin, madu juga dipercaya dapat meningkatkan kesuburan dan memeperkuat rahim.

Manfaat Madu

Manfaat Madu | Admin | 4.5