Manfaat Belimbing

Manfaat Belimbing << Terima kasih Kami ucapkan kepada Anda para pembaca sekalian atas setiap kunjungannya. Pada kesempatan Kali ini Kami akan posting artikel mengenai buah belimbing dan beragam manfaatnya. Siapa sih yang tak kenal buah belimbing? Kebanyakan orang Indonesia pasti sudah mengetahui buah yang satu ini. Penampakan buah belimbing ini berbentuk bintang lima bila dibelah dua. Buah ini berwarna kuning kehijauan ketika matang. Selain bisa dimakan langsung, buah yang memiliki rasa manis sedikit asam ini juga sangat enak bila dikonsumsi sebagai campuran rujak. Buah yang menjadi icon kota Depok ini mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa kandungan yang terdapat pada belimbing yaitu : Energi 128 kJ (31 kcal), Karbohidrat 6,73 g, Gula 3,98 g, Diet serat 2,8 g, Lemak 0,33 g, Protein 1,04 g, Asam pantotenat (B5) 0,39 mg (8%), Folat (Vit. B9) 12 mg (3%), Vitamin C 34,4 mg (57%), Fosfor 12 mg (2%), Kalium 133 mg (3%), Seng 12 mg (1%). Nilai kandungan gizi belimbing per 100 gram (sumber : USDA Nutrient Database).

manfaat belimbingManfaat Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Belimbing << Beragam cara orang untuk menikmati buah belimbing. Cara yang paling praktis orang untuk menikmatinya yaitu dimakan langsung. Didalam buah ini terkandung air yang lumayan banyak sehingga bisa menghilangkan rasa dahaga bagi orang yang memakannya. Buah belimbing termasuk buah yang sangat terjangkau harganya. Di Indonesia, buah ini sangat mudah kita jumpai dipasaran. Jika Anda ingin membeli buah belimbing, pilihlah belimbing yang berwarna kuning terang dan bergaris gelap disepanjang ujung bintangnya. Itu menunjukkan buah tersebut masih segar.

Berikut Ini Beberapa Manfaat Belimbing

1. Mampu mengatasi hipertensi

Manfaat belimbing yang pertama yaitu mampu mengatasi hipertensi. Sering mengonsumsi belimbing diyakini bisa mengatasi hipertensi. Kandungan kalium-nya yang cukup tinggi dan kandungan natrium-nya yang rendah mampu menurunkan tekanan darah bagi Anda yang menderita hipertensi.

2. Mampu menurunkan kadar kolesterol

Belimbing sangat baik dikonsumsi oleh Anda yang mempunyai kolesterol tinggi. Sebab pada buah belimbing terkandung suatu zat yang dinamakan Pektin. Pektin merupakan segolongan polimer heterosakarida yang bersumber dari dinding sel tumbuhan darat. Zat pektin sangat berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Disamping untuk mengatasi masalah kolesterol, zat ini berguna juga untuk mencegah penyakit hepatitis.

3. Mampu melancarkan sistem pencernaan

Manfaat belimbing selanjutnya mampu melancarkan sistem pencernaan. Belimbing merupakan salah satu jenis buah yang sangat kaya akan serat. Seperti yang telah kita ketahui, serat sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Dengan banyak konsumsi serat, sistem pencernaan kita akan berjalan lancar.

4. Mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selain serat, buah belimbing juga kaya akan vitamin A dan C. Salah satu fungsi dari kedua vitamin ini mampu meningkatkan sistem imun tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang oleh suatu penyakit.

5. Mampu mencegah penyakit kanker.

Manfaat belimbing berikutnya yaitu mampu mencegah penyakit kanker. Kandungan vitamin C-nya yang sangat banyak berguna untuk menangkal nitrit penyebab kanker. Tidak hanya itu saja, vitamin C juga berfungsi untuk pencegahan atau pengobatan sariawan, membersihkan racun dalam tubuh dan memperkuat daya tahan tubuh.

Manfaat Belimbing

Manfaat Belimbing | Admin | 4.5